Cara Merawat Motor Anda Sebelum Perjalanan Jauh

Cara Merawat Motor Anda Sebelum Perjalanan Jauh

Tempat Hits – Anda harus tau bagaimana cara merawat motor anda sebelum perjalanan jauh. Hal tersebut sangat penting dan betul-betul harus di perhatikan. Saat kita melakukan perjalanan jauh, kita harus mempersiapkan semuanya secara lengkap, aman, dan benar. Terutama pada kondisi kendaraan kita, kita harus betul memperhatikannya.

 

Baca juga : Cara Merawat Handphone Agar Tidak Mudah Rusak

Kali ini tempat hits akan memberikan tips tentang hal yang betul-betul harus dilakukan sebelum perjalanan jauh :

  1. Lakukanlah pergantian oli mesin anda.
  2. Periksalah busi pada motor anda.
  3. Perhatikan ban luar anda dan ban dalam anda. Jika sudah tidak layak lagi segera di ganti dengan yang baru.
  4. Periksalah rantai dan gigi tarik anda. Jika sudah runcing gigi tariknya segera di ganti. Dan untuk rantai longkar tegangkanlah rantainya sesuai standard. Bila rantai sudah mengkarat lebih bagus di ganti. Semprotkanlah pembersih rantai dan gigi tarik.
  5. Perhatikan lampu utama dan lampu sen anda, gantilah dengan yang baru jika ada yang rusak. Gunakanlah lampu utama dan lampu sen anda sesuai standar lalu lintas karena itu demi keselamatan anda.
  6. Penyaring debu yang ada di motor anda bila sudah tidak bisa di gunakan lagi segera di ganti dengan yang baru.
  7. Periksalah rem depan dan belakang anda. Segera di ganti dengan yang baru bila sudah tidak cakram lagi.
  8. Cairan rem untuk rem depan juga harus di perhatikan. Bila rem belakang anda juga menggunakan rem cakram segera diisi jika cairan sudah berkurang atau habis.
  9. Tali gas pada motor anda juga harus diperhatikan bila sudah longgar, di ketatkan kembali sesuai standard. Bila sudah kelihatan rusak atau sudah seperti nyangkut saat di gas kami sarankan segera di ganti.
  10. Untuk yang menggunakan motor kopling, tali koplingnya juga di perhatikan. Jika sudah keras segera di ganti agar aman.
  11. Sokbreker jika sudah tidak berfungsi dengan baik lebih bagus di ganti agar nyaman dalam perjalanan. Terutama bila masuk ke jalan yang berlubang.
  12. Bawalah ke bengkel terpercaya jika anda tidak bisa menggantinya sendiri.

Setelah motor sudah siap ingat pengendaranya juga harus siap dengan menggunakan safety agar terlindung dan aman dalam perjalanan. Jangan lupa membawa perbekalan, dan jika sudah mulai lelah istirahatlah sejenak. Dan kondisi tubuh juga harus fit.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *