Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Keracunan Dan Merusak Ginjal

Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Keracunan Dan Merusak Ginjal

Tempat Hits – Ada beberapa makanan yang dapat membuat kamu keracunan dan merusak ginjal kamu jika di konsumsi secara berlebihan. Ada beberapa bahan pangan dan zat yang dianggap tidak berbahaya atau bahkan sehat, bisa menjadi beracun saat disalahgunakan. Bahan-bahan itu ada di sekitar kita. Biasanya dipakai untuk masak, minum dan hal lain yang bermanfaat. Bahan tersebut bisa menjadi beracun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, terutama kerusakan pada ginjal. “Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Keracunan Dan Merusak Ginjal”.

Baca juga : Tips Tentang  KesehatanKecantikanTravelingElectronicKendaraan, dan Hubungan Intim Yang Sehat

Zat yang tampaknya tidak berbahaya ini bisa membuat kamu masuk rumah sakit atau menyebabkan kematian jika Anda berlebihan memakannya. Berikut makanan beracun dan bisa merusak ginjal seperti dikutip dari Listverse.

1. Kecap

Pada tahun 2013, pemuda 19 tahun dari Virgina, AS menenggak kecap 0,9 liter setelah ditantang temannya. Pemuda itu langsung koma dan nyaris tewas karena tingginya level garam di tubuhnya. Ia menderita Hypernatremia dimana terlalu banyak garam dalam darah. Ketika aliran darah menjadi jenuh dengan garam, ia menarik air dari bagian tubuh yang lain, termasuk otak, untuk menurunkan konsentrasi garam.

Bila otak kehilangan air, otak bisa menyusut dan berdarah. Setelah remaja Virginia meminum kecap, dia mulai mengalami kejang. Teman-temannya membawanya ke rumah sakit, tapi saat dia tiba, dia sudah mengalami koma. Dokter segera mengeluarkan garam dari sistem peredaran darah dengan menggunakan campuran air dan gula dekstrosa.

Tingkat natriumnya kembali normal lima jam kemudian, tapi dia tetap koma selama tiga hari sebelum akhirnya sadar. Dokter mengatakan bahwa pemuda tersebut beruntung masih hidup. Dia adalah orang pertama yang overdosis pada jumlah garam yang tinggi dan bertahan tanpa masalah neurologis. “Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Keracunan Dan Merusak Ginjal”

Baca juga : Berbagai Berita Terkini Yang Menjadi Trending Topik

2. Teh

Rupanya jangan sembarangan minum teh. Apalagi es teh. Seorang pria dari Arkansas harus menderita gagal ginjal karena terlalu banyak minum es teh. Pria berusia 56 tahun itu minum 8 cangkir es teh tiap hari. Pada Mei 2014, pria itu dibawa ke rumah sekali setelah merasa mual, lemah dan sekujur tubuhnya sakit.

Dokter menemukan bahwa ginjalnya sangat tersumbat dan terluka. Mereka mengambil tindakan dialisis atau cuci darah yang mungkin akan dia jalani selama sisa hidupnya. Kerusakan pada ginjal pria itu disebabkan oleh zat kimia yang disebut oksalat. Bahan kimia ini terjadi secara alami dalam teh hitam serta makanan lainnya seperti bayam.

Terlalu banyak oksalat dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Pria asal Arkansas itu mengkonsumsi 3-10 kali lebih banyak oksalat daripada orang Amerika rata-rata. Menurut Harvard School of Public Health, mengkonsumsi hingga empat cangkir teh per hari adalah jumlah yang aman. Enam belas cangkir per hari terlalu banyak. “Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Keracunan Dan Merusak Ginjal”

Baca juga : Tempat Kuliner Yang Enak Dan Murah Yang Pas Untuk Kantong Anda

3. Pala

Pala adalah bumbu sangat populer sepanjang tahun, tapi pastikan untuk tidak menaburkan terlalu banyak dalam makanan kamu. Menelan kira-kira 4,4 gram (2 sendok teh) bumbu dapat menyebabkan toksisitas pala. Biasanya, orang yang menelan sejumlah besar pala ingin mencari sensasi seperti orang mabuk.

Bumbu tersebut mengandung senyawa alami yang disebut myristicin, yang memiliki efek halusinogen dalam dosis besar yang serupa dengan tinggi dari LSD. Menggunakan rempah-rempah sebagai obat adalah praktik yang populer di kalangan remaja dan tahanan penjara karena aksesibilitasnya.

Tapi meski pala itu legal dan mudah didapat, ada beberapa efek samping yang sangat tidak menyenangkan dari menelan jumlah yang dibutuhkan untuk mengalami halusinasi. Dalam waktu satu jam mengkonsumsi sejumlah besar pala, pengguna biasanya menderita masalah gastrointestinal parah.

Setelah beberapa jam kemudian, orang bisa mulai mengalami masalah jantung dan saraf. Hal ini sangat berbahaya bagi siapa saja yang memiliki masalah jantung yang tidak terdiagnosis. Halusinasi tidak terjadi sampai beberapa jam setelah menelan pala, yang dapat menyebabkan orang mengkonsumsi jumlah tambahan karena mereka pikir tidak cukup untuk ‘high’.

Menggunakan bumbu sebagai obat adalah hal biasa. Kasus keracunan terlihat pada awal 1900-an dan kemudian terjadi di tahun 1960an sebelum baru-baru ini muncul kembali. “Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Keracunan Dan Merusak Ginjal”

Baca juga : Berbagai Macam Resep MasakanResep Minuman. dan Resep Kue

4. Belimbing

Carambola (alias buah belimbing) bisa menyebabkan beberapa kerusakan besar di dalam tubuh jika terlalu banyak dikonsumsi. Bagi orang yang sudah memiliki ginjal lemah, kerusakan atau kegagalan ginjal bisa terjadi dari makan hanya dalam jumlah sedikit. Belimbing mengandung racun yang mampu mendatangkan malapetaka pada sistem ginjal.

Seseorang dengan ginjal sehat biasanya dapat menyaring toksin tanpa efek buruk, namun siapa pun dengan kerusakan ginjal yang ada diperingatkan untuk tidak mengkonsumsi buah belimbing. Buah ini sangat berbahaya bagi orang-orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki tahap awal kerusakan ginjal.

Selain orang yang memiliki masalah ginjal, mereka yang mengonsumsi buah secara teratur atau minum sari buah belimbing pada saat perut kosong beresiko tinggi untuk toksisitas buah berbentuk bintang ini. Gejala toksisitas buah belimbing meliputi mual, lemah, insomnia, kejang. , dan cegukan, yang merupakan gejala yang paling umum terjadi pada kasus ringan.

Dokter dapat mengobati kasus-kasus parah toksisitas buah belimbing dengan dialisis, namun fungsi ginjal mungkin tidak akan pernah kembali normal setelah terjadi kerusakan. “Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Keracunan Dan Merusak Ginjal”

Baca juga : Berbagai Tempat Hits Yang Ada Di Benua AsiaAfrikaAmerika SelatanAmerika Utara,AntartikaAustrali, dan Eropa

5. Tuna

Peringatan tentang mengkonsumsi tuna umumnya ditujukan pada wanita hamil dan anak kecil, tapi kita juga berisiko jika kita berlebihan di sushi bar. Ikan tuna mentah, dimasak, dan kalengan semuanya mengandung merkuri. Merkuri ditemukan pada kebanyakan jenis ikan, namun ikan predator yang lebih besar mengandung konsentrasi yang lebih tinggi.

Tuna memakan ikan yang lebih kecil, sehingga mereka juga mengkonsumsi kandungan merkuri dari ikan yang lebih kecil, yang meningkatkan kadar merkuri mereka. Merkuri merupakan racun bagi manusia. Jumlah kecil dapat disaring, namun jumlah yang lebih besar akan terbentuk dan mengakibatkan keracunan merkuri.

Tanda-tanda awal keracunan meliputi koordinasi dan mati rasa yang buruk di jari tangan dan kaki, diikuti oleh gemetaran dan masalah penglihatan. Keracunan merkuri jangka panjang dapat mempengaruhi fungsi memori dan mengganggu proses belajar. Kasus berat bisa mengakibatkan masalah ginjal, gagal napas, dan kematian.

Banyak orang menyadari bahaya makan ikan tuna terlalu banyak tapi tidak menyadari jumlah sebenarnya yang “terlalu banyak.”

Beberapa jenis tuna, seperti albacore yang populer, mengandung kadar merkuri yang lebih tinggi. Bagi orang dengan berat 68 kilogram ( 150 lb) atau lebih, FDA merekomendasikan mengkonsumsi tidak lebih dari satu 170 gram (6 ons) kaleng albacore setiap sembilan hari. Itu berarti kebiasaan konsumsi tuna setiap hari untuk makan siang dengan mudah akan cukup membuat tubuh keracunan merkuri.

“Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Keracunan Dan Merusak Ginjal”. Jangan lupa juga di like ya halaman facebooknya. Dan jangan lupa di share ke teman yang lain ya Terima kasih.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *